Sunday, January 17, 2010

Selayang Pandang Sekolah Gratis Al-Iman

Diawali dari keprihatinan banyaknya anak-anak – terutama dari keluarga pra-sejahtera – yang tidak memiliki kesempatan mendapatkan pendidikan yang layak, sementara di sekitarnya, yaitu perumahan Bintaro Jaya dan Graha Raya bertebaran sekolah unggulan bahkan sekolah internasional.

Tidak adanya dana, membantu orang tua mencari nafkah, dan tidak adanya dokumen atau akta kelahiran adalah sebagian dari sebab terjadinya kenyataan di atas.
Kegiatan ini sudah sejak awal 2007 tahun dibicarakan, mulai dari bentuk kegiatan, tenaga pengajar, kurikiulum, fasilitas, dana pelaksanaan, dan tempat kegiatan. Lima point di atas sudah dapat diatasi sampai pertengahan Agustus 2007, tapi point terakhir belum dapat diputuskan. Rencana menyewa rumah belum dapat direalisasikan mengingat biaya yang besar dan penghuni perumahan keberatan bila lingkungan mereka menjadi bising.

Masjid Imanuddin menjadi salah satu alternatif lokasi, mengingat letaknya yang berada di luar perumahan, mudah dijangkau kendaraan umum, dan dekat dari perkampungan. Dan setelah diadakan pemaparan program sekolah gratis, pihak Yayasan Masjid Al Iman mengijinkan ruangan teras samping masjid digunakan sebagai tempat kegiatan Sekolah Gratis.
Sekolah Gratis ini ditujukan bagi putra-putri dari golongan pra-sejahtera, sehingga agar tepat sasaran, setelah mendaftar (dengan hanya menunjukkan kartu keluarga), diadakanlah survey ke rumah yang bersangkutan. Pada saat didirikan, sejak dibuka secara resmi pada tanggal 2 Desember 2007, sudah bergabung 80 siswa, terdiri dari 15 orang usia Sekolah Dasar, dan sisanya mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini.
Sejauh ini kegiatan sekolah gratis dibiayai dari dana bantuan donatur dan infaq masjid.

Alhamdulillah kini setelah 2 tahun berjalan, Sekolah Gratis Yatim & Dhuafa Al -Iman pada tahun 2010 telah memiliki 150 siswa yang berada pada tingkat TK - A, TK - B dan SD dengan tenaga pengajar sejumlah 4 orang guru tetap, Kepala Sekolah dan Pengawas. Sekarang kegiatan belajar - mengajar di Sekolah Gratis dilakukan mulai dari Senin - Sabtu dengan menggunakan fasilitas gedung sendiri yang terdiri dari 3 lokal kelas, ruang guru dan ruang perpustakaan.

No comments:

Post a Comment